Pemdes Pelawa Berupaya Raih Status Desa Mandiri

oleh -100 Dilihat
Pemdes Pelawa Berupaya Raih Status Desa Mandiri
FOTO : Kades Pelawa, Buris Rasyid (KS/Firman)

Parigi Moutong, kabarSAURUSonline.com – Pemerintah Desa Pelawa Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong, saat ini tengah berupaya meraih status Desa Mandiri.

“Alhamdulilah, beberapa bulan kemarin Desa Pelawa sudah dikategorikan sebagai desa yang berkembang, dan untuk itu kami selaku pemerintah desa akan mengupayakan Desa Pelawa dikategorikan sebagai desa mandiri,” ujar Kepala Desa Pelawa, Buris Rasyid, kepada wartawan media ini, Rabu (21/09).

Ia mengatakan, saat ini pihaknya masih dalam tahap membenahi kondisi desa dan juga  aparat desanya.

“saya masih belum terlalu lama  menjabat sebagai kepala desa, baru sekitaran satu tahun, jadi sebagai langkah awal saya memperbaiki dulu yang masih belum diperbaiki, seperti data yang ada dimasyarakat, yang belum terdata maupun datanya yang bermasalah, setelah semua terbenahi kita juga sudah merencanakan upaya untuk mendorong pereknomian masyarakat,” jelasnya.

Buris menambahkan, selain membenahi data desa, pihaknya juga sudah melaksanakan sejumlah program termasuk program pemberdayaan masyarakat.

Program pariwisata ini kata ia, hasilnya sudah dirasakan sendiri oleh masyarakat dan itu memberikan dampak positif pada peningkatan ekonomi desa.

“Ada dua program yang sudah kita rencanakan untuk dilaksanakan, dan selama satu tahun ini, baru satu program yang berjalan, dengan program yang bergerak dibidang pariwisata, dan alhamdulilah saat ini sebagian masyarakat sudah merasakan hasilnya,” tutupnya.