Pemda Sigi Kembangkan Koperasi Pertanian

oleh -59 Dilihat
Pemda Sigi Kembangkan Koperasi Pertanian
FOTO : ISTIMEWA (antarasulteng)

SIGI, kabarSAURUSonline.com – Pemerintah Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah, mengembangkan koperasi berbasis pertanian untuk membantu pembiayaan kebutuhan petani agar tetap berproduksi dan mampu mengelola serta menggarap lahan pertanian mereka.

“Satu kecamatan satu koperasi adalah salah satu program unggulan kami,” kata Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi, di Sigi, Rabu (21/09), melansir antaranews.com.

Samuel mengemukakan, pembentukan dan pengembangan koperasi berbasis pertanian menjadi salah satu prioritas dalam penyelenggaraan pembangunan daerah yang dilaksanakan pemerintah.

“Keberadaan koperasi itu sangat membantu petani karena koperasi dapat membeli hasil-hasil produksi pertanian, serta memberikan modal usaha kepada petani,” ungkapnya.

Oleh karena itu menurutnya, koperasi berbasis pertanian menjadi hal penting, karena juga berfungsi dalam memasarkan hasil-hasil pertanian dan pangan, termasuk produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Supaya koperasi berbasis pertanian tetap eksis, maka pemerintah daerah melalui seluruh organisasi perangkat daerah, perlu mengimbau agar menggunakan produk-produk lokal yang ada di koperasi setiap kecamatan.

Saat ini koperasi berbasis pertanian sebut Samuel, telah terbentuk di Kabupaten Sigi meliputi Kecamatan Palolo, Kulawi, Kulawi Selatan, Dolo Selatan, Dolo Barat, Gumbasa, Dolo, dan sebagainya.

“Pemerintah memfasilitasi langsung pembentukan koperasi berbasis pertanian,” jelasnya.

Di samping itu lanjut ia, Pemda Sigi juga memberikan akses pembiayaan kepada petani lewat skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga nol persen, agar petani tetap bekerja mengelola lahan pertanian.

“Kegiatan pengendalian inflasi menempatkan petani sebagai salah satu prioritas intervensi yang dilakukan pemerintah daerah,” tuturnya.

Untuk diketahui, Pemda Sigi telah mengalokasikan anggaran senilai Rp3,4 miliar untuk kegiatan pengendalian inflasi.

Dengan anggaran tersebut, Pemda Sigi mengintervensi langsung bahan bakar sarana produksi pertanian, khususnya alat mesin pertanian (alsintan) yang digunakan petani untuk bercocok tanam.

Melansir dari https://sulteng.antaranews.com/berita/255049/sigi-kembangkan-koperasi-pertanian-agar-petani-tetap-berproduksi