Dana Penanggulangan Bencana Kecamatan Torue Capai 1,5 M?

oleh -66 Dilihat
Dana Penanggulangan Bencana Kecamatan Torue Capai 1,5 M?
Salah satu rumah warga mengalami kerusakan dampak banjir bandang di wilayah Kecamatan Torue (Sumber Foto : Redaksi KabarSAURUS)

Kabupaten Parigi Moutong, KabarSAURUSonline.com – Bantuan dana Penanggulangan Bencana Banjir Bandang yang menghantam sejumlah Desa di Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah, saat ini diperkirakan telah mencapai 1,5 Miliar.

Berdasarkan pemberitaan media ini sebelumnya, sekitar 1 Miliar dari total anggaran tersebut merupakan porsi yang disediakan khusus untuk biaya operasional masa Tanggap Darurat Bencana (TDB) Banjir Bandang melanda wilayah Kecamatan Torue pada Kamis malam pekan kemarin (28/07 Red).

Diketahui, anggaran penanggulangan bencana pada masa TDB itu, bersumber dari porsi anggaran Belanja Tidak Terduga pada APBD Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2022 yang diusulkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong, sebesar 800 Juta.

Kemudian, bantuan anggaran untuk masa TDB juga bersumber dari Dana Siap Pakai APBN tahun 2022 sebesar 250 Juta, diserahkan langsung Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, dalam kunjungannya ke Desa Torue yang merupakan lokasi paling terdampak dari bencana banjir bandang tersebut, Minggu (31/07).

Sementara itu, berdasarkan informasi yang terhimpun media ini, Pemda Parigi Moutong mendapat bantuan anggaran untuk penanggulangan bencana dari Kementerian Sosial (Kemensos) berjumlah sekitar 524 Juta.

Bantuan anggaran sekitar 524 Juta itu, diserahkan Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdi Mastura kepada Bupati Parigi, Samsurizal Tombolotutu, saat mengunjungi lokasi bencana pada Senin, (01/08).

Sehingga, jumlah bantuan anggaran penanggulangan bencana Banjir Bandang di Kecamatan Torue ini, saat ini ditaksir telah mencapai 1,5 Miliar.

Selain menyerahkan bantuan anggaran dari Kemensos, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, melalui sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) nya juga menyerahkan bantuan logistik berupa sembako dan obat-obatan.

BACA JUGA : https://kabarsaurusonline.com/2022/08/01/anggaran-tdb-banjir-bandang-desa-torue-ditaksir-capai-1-m/