Peserta Kampung KB Kecamatan Taopa Parigi Moutong, Meningkat

  • Whatsapp
Fatni PLKB Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong
Fatni PLKB Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong (Sumber Design Foto : Redaksi KabarSAURUS)
Advertisements

Parigi Moutong, kabarSAURUSonline.com Berbagai bentuk kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka pembentukan kampung KB di Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong, berhasil meningkatkan akseptor peserta KB pada lingkup wilayahnya.

Dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampong. Kampung KB hadir sebagai ‘Senjata Pamungkas’ mengatasi masalah kependudukan pada setiap daerah.

Bacaan Lainnya

Keberhasilan program Kampung KB dapat dilihat dari beberapa aspek. Pertama, aspek pengendalian kuantitas penduduk.

Kedua, aspek peningkatan kualitas penduduk yang diukur dengan peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarganya.

Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong. Merupakan salah satu wilayah yang ikut berperan aktif melaksanakan program kampung KB tersebut.

Fatni, selaku Koordinator dan juga PLKB Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, menyampaikan hal tersebut. Saat ditemui Redaksi KabarSAURUS Rabu (08/09).

Ia mengatakan, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan, tidak lepas dari berbagai indikator yang merupakan pencerminan dari pelaksanaan delapan fungsi keluarga.

Hal tersebut kata Fatni, tercantum dalam Peraturan Pemerintah No 87 Tahun 2014. Tentang, Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana dan Sistem Informasi Keluarga.

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) itu, lanjut Fatni. Terdapat Delapan fungsi keluarga yakni, fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya.

Kemudian, ada fungsi cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, serta fungsi pembinaan lingkungan.

“Jadi tidak lari dari konteks Delapan fungsi keluarga. Kalau itu dilaksanakan, Insya Allah, kedepannya masyarakat Indonesia menjadi keluarga yang berkualitas,” ungkapnya.

Ia menuturkan, pada Kecamatan Taopa sendiri, pihaknya aktif dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan pembinaan, serta pelayanan dan pergerakan untuk tercapainya satu kampung KB pada wilayah tersebut.

Bermitra Dengan Instansi Terkait Terus Dilakukan Demi Mewujudkan Kampung KB di Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong   

Kemudian, pihaknya juga terus bermitra dengan instansi terkait yang memiliki peran masing-masing demi terwujudnya satu keluarga yang berkualitas.

“Seperti, dengan pihak KUA, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan PKK,” ungkapnya.

Ia mengklaim, kegiatan pendataan masyarakat, penyuluhan dan pembinaan memberikan peningkatan akseptor pada pada Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong ini telah terlaksana.

Ia menambahkan, walau dalam keadaan Pandemi Covid-19 yang membatasi berbagai kegiatan. Pihaknya tetap melakukan upaya agar kegiatan penyuluhan dalam konteks ketahanan keluarga dapat berjalan. “Alhamdulillah, meski adanya penyuluhan tidak seperti biasanya, yaitu dengan menggunakan sistem perkelompok dan perkeluarga. Namun, pencapaian akseptor peserta kita, teteap meningkat. Pindah cara itu juga, meningkat dari hormonal dan non hormonal” tandasnya.

Advertisements
banner 970x90

Pos terkait