KTNA Parigi Moutong Sebut Penggunaan Tol Laut Masih 20%

oleh -90 Dilihat

PARIGI MOUTONG, KabarSAURUSonline.com- Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Parigi Moutong mengatakan, baru sekitar 20% masyarakat daerah ini yang gunakan transportasi tol laut untuk pasarkan hasil produksi mereka.

Hal itu disampaikan Ketua KTNA H.Suardi kepada redaksi KabarSAURUS, saat menyambanginya, Selasa (11/1).

“Kalau kita masyarakat Parigi Moutong jika di presentasikan dari segi pemanfaatan tol laut baru sekitar 20%,” ujar H. Suardi yang juga ketua komisi II DPRD Kabupaten Parigi Moutong.

Ia melanjutkan, kebanyakan masyarakat masih memanfaatkan tranportasi darat yaitu mobil untuk mengangkut hasil panen mereka untuk di pasarkan ke luar daerah seperti Manado dan Gorontalo.

Hal ini di karenakan mayoritas masyarakat tersebut masih kurang paham kalau penggunaan tol laut sebenarnya lebih efektif karena jauh lebih murah jika di bandingkan dengan alat transportasi darat.

“Sebenarnya lebih efektif tol laut, karena jauh lebih murah. Contohnya jika mau ke Makassar ataupun Manado hanya sekitar enam juta satu kontainer, sedangkan satu kontainer itu kapasitasnya bisa sampai 50 ton sedangkan mobil mungkin hanya sekitar 10 ton saja. Sehingga jika menggunakan mobil tidak mampu menyeimbangkan ini,” ungkapnya.

Diperlukan peran pemerintah untuk mensosialisasikan tol laut tersebut kepada masyarakat, agar mereka dapat mengetahui apa saja keunggulan jika menggunakan alat transportasi laut tersebut.

“Saya sebagai ketua KTNA di kabupaten Parigi, bekerjasama dengan penyuluh, bidang UPTD, dan kepala dinas terkait untuk melakukan pembinaan semua faktor pendukung yang ada di lapangan. Dan juga bagaimana mengupayakan agar para petani di daerah kita ini bisa memproduksi tanaman yang berkualitas,” tuturnya.

Ia menambahkan, sejauh ini sudah ada beberapa masyarakat yang memanfaatkan tol laut untuk menjual hal panennya yang di dominasi oleh beras tetapi baru beberapa orang saja. Padahal selain beras tol laut dapat mengangkut binatang dan juga sayur-sayuran juga.

BACA JUGA : https://dephub.go.id/post/read/program-tol-laut-resmi-diluncurkan

Sedangkan untuk penjualan beras sekarang kebanyakan ke daerah Manado dan juga Gorontalo yang menggunakan transportasi darat.

“Khusus beras kita masih jual ke Manado dan Gorontalo dengan tranportasi darat,” pungkasnya.

Baca Juga : https://kabarsaurusonline.com/2021/12/10/perlahan-tol-laut-parigi-moutong-beri-manfaat-bagi-masyarakat/