Bencana Non Alam: Pemdes Sidoan Barat Penuhi BLT Desa Tahap II

  • Whatsapp
Bencana Non Alam
Kades Sidoan Barat, Ishak H. Lasapa, saat Penyerahan BLTDes Tahap II Desa Sidoan Barat kepada warganya.
banner 468x60

Parigi Moutong – Biar tidak jadi soal, Pemerintah Desa Sidoan Barat Kecamatan Sidoan Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah kembali penuhi hak warganya, terkait bantuan bencana non alam Covid-19.

Bencana Non Alam yang disebabkan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), membuat Pemerintah Pusat melalui Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), mengeluarkan kebijakan terkait pemanfaatan Dana Desa (DD) sebesar 25 sampai 35 persen dialihkan menjadi Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa.

Bacaan Lainnya

banner 468x60

Namun, tahapan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa bersumber dari Dana Desa (DD), sering menimbulkan tanggapan dari semua kalangan terkait keterlambatannya.

Berpijak dari hal tersebut, Pemerintah  Desa (Pemdes) Sidoan Barat membuktikan keseriusannya memenuhi pencairan BLT desa tahap II, Senin (22/06).

Periode pencairan bulan Mei tahun 2020 itu, disalurkan kepada 122 keluarga yang sudah terverifikasi sebagai penerima manfaat.

“Saya harap dana BLT ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok,” tutur Kepala Desa Sidoan Barat, Ishak H. Lasapa kepada KabarSAURUSonline.com.

Ishak mengatakan, Jumlah dana yang diterima dari BLT tahap II itu, masih berjumlah Rp 600 ribu. Sehingga secara keseluruhan dari 122 keluarga penerima bantuan berjumlah Rp.73.200.000.

Diingatkannya, kepada warga penerima harus menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan kehidupan. Hal itu sebagai wujud pemanfaatan bantuan secara terarah dari pemerintah baik pusat hingga desa.

“Benar ini adalah uang rakyat. Namun perlu juga diketahui oleh masyarakat bahwa pemanfaatannya harus sesuai dengan kebutuhan mendesak,” jelasnya.

Dia berharap, masyarakat Desa Sidoan Barat selalu mematuhi aturan pemerintah. Himbauan itu diantaranya selalu mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak apabila berada diluar rumah dan memakai masker. Hal itu katanya demi memutus mata rantai penyebaran covid 19 di daerah setempat.

“Dalam proses penyaluran BLT untuk tahap berikutnya, saya harap seluruh penerima wajib menggunakan masker,” pintanya. 

Baca Juga: https://kabarsaurusonline.com/2020/06/12/122-warga-sidoan-barat-terima-blt-desa/

(Iswadi Idris)

banner 468x60

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *