BPBD Parigi Moutong, Dapat Dukungan Logistik BNPB

oleh -216 Dilihat
BPBD Parigi Moutong, Dapat Dukungan Logistik BNPB
BPBD mendapat suplai logistik, dukungan dari BNPB untuk penanganan bencana di Kabupaten Parigi Moutong. (Sumber Design Foto : Redaksi kabarSAURUSonline.com)

KOTA PALU, kabarSAURUSonline.com – BPBD mendapat suplai logistik, dukungan dari BNPB untuk penanganan bencana di Kabupaten Parigi Moutong.

Secara simbolis, bantuan logistik BNPB tersebut diserahkan langsung Nadhira Seha Nur, selaku Direktur bagian Pengelolaan Logistik dan Peralatan BNPB Idran, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Parigi Moutong, di Kota Palu, Senin (01/07/2024).

Selain itu, diketahui BNPB juga telah menyiapkan dana siap pakai senilai Rp 200 Juta, sebagai biaya dukungan operasional penanganan Tanggap Darurat Bencana (TDB) banjir yang terjadi di sejumlah titik pada wilayah Kabupaten Parigi Moutong.

Nantinya, ratusan juta anggaran itu dapat digunakan BPBD Parigi Moutong untuk membayar biaya sewa alat berat saat pembersihan lokasi terdampak bencana banjir, BBM, upah lelah, dan biaya pemasangan rangka jembatan Balley.

Kepada sejumlah awak media, Nadhira Seha Nur, menuturkan, bantuan uang siap pakai yang senilai Rp 200 Juta diberikan untuk tahap awal. Kemudian, kata ia, jika yang terdampak banjir makin mengalami kerusakan atau makin bertambah akan diberikan bantuan tahap selanjutnya.

Hal ini lanjut ia, tergantung dari situasi dan kondisi serta usulan bantuan dari pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong.

“BNPB atas nama pemerintah harus selalu hadir dalam setiap bencana dan memberikan bantuan. Adapun bantuannya, berupa tenda pengungsi (2 set), tenda keluarga (50 unit), light tower (1 unit), sembako (200 paket), pompa alkon (5 unit), genset (2 unit), matras (200 lembar), hygiene kit (200 paket), family kit (200 paket), selimut (200 lembar), pakaian wanita (100 psg), pakaian pria (100 psg), makanan siap saji (200 pcs), perlengkapan bayi & susu (50 paket), dan water treatment portable bio H20 (5 unit). Intinya semua kebutuhan pengungsian”, ungkapnya.

Sementara itu, Idran, selaku Kalak BPBD Parigi Moutong, menyampaikan rasa terima kasih kepada BNPB atas bantuan yang telah diberikan.

Ia mengaku, sejumlah bantuan BNPB tersebut, akan dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan yang ada di daerah.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada BNPB atas bantuan yang telah diberikan, kami akan menyalurkan bantuan tersebut kepada daerah – daerah yang terkena dampak bencana banjir yang ada di Parigi Moutong. Serta, kami akan memanfaatkan bantuan ini sesuai dengan kebutuhan yang ada didaerah. Kami juga sudah menyampaikan ke Sekretaris Daerah (Sekda) terkait adanya bantuan dari BNPB yang diberikan untuk masyarakat yang terkena dampak banjir, diwilayah kami,” tandasnya.

KONTRIBUTOR : NASRAH

BACA : https://kabarsaurusonline.com/2024/06/30/tdb-di-desa-sibalago-dan-sienjo-tanpa-logistik-bpbd-parigi-moutong/?amp

KUNJUNGI : https://bnpb.go.id/berita/dua-orang-meninggal-dunia-akibat-tertimbun-tanah-longsor-di-kabupaten-blitar

Advertisements
Advertisements

No More Posts Available.

No more pages to load.