Presiden Jokowi Perintahkan PUPR Tangani Hulu-Hilir Sungai Torue

oleh -63 Dilihat
Presiden Jokowi Perintahkan PUPR Tangani Hulu-Hilir Sungai Torue
FOTO : ISTIMEWA (liputan6.com)

NASIONAL, kabarSAURUSonline.com – Untuk penanganan pasca banjir bandang di Desa Torue Kabupaten Parigi Moutong, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono untuk menangani sungai dari hulu hingga hilir.

“Saya kemarin saat Sidang Kabinet ditugaskan langsung oleh Presiden Jokowi untuk meninjau banjir bandang di Parigi Moutong. Ada beberapa hal yang akan ditangani Kementerian PUPR secara teknis untuk mencegah tidak terjadi banjir bandang lagi di sini,” kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Rabu (3/8/2022) melansir Liputan6.com

Dikatakan Menteri Basuki, penanganan banjir bandang di Parigi Moutong akan dilakukan dari hulu hingga ke hilir Sungai Torue.

“Kita mulai perbaikan di kawasan hulu dengan Bendung Torue yang dibangun sejak tahun 1980an untuk mengairi sawah kurang lebih 2.200 hektar,” ujar Menteri Basuki.

Saat ini sudah dilakukan penanganan Bendung Torue, termasuk membersihkan sedimen agar dapat kembali mengairi sawah dan tidak terjadi gagal panen/puso.

“Mudah-mudahan pengerukan dan perbaikan bendung bisa selesai dalam tiga hari ke depan. Air harus masuk ke sawah agar tidak puso. Kami akan tambahkan 4 alat berat, mudah-mudahan paling lambat besok pagi sudah masuk. Harapannya dengan 5 alat, fungsi irigasi pulih kembali untuk mengairi sawah,” ungkapnya.

Masih dari sumber yang sama, Kementerian PUPR menargetkan pembenahan Sungai Torue agar tidak meluap kembali ke permukiman selesai paling lambat dalam pekan ini. PUPR juga fokus membenahi irigasi pertanian yang rusak karena banjir bandang.

Menurut Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono pencegahan berulangnya banjir bandang di Kecamatan Torue akan dilakukan dari hulu Sungai Torue hingga hilir di pantai yang dimulai dengan pengerukan sedimentasi sungai yang berpotensi menjadi sebab banjir terulang.

“Alur sungai akan dibuat hingga hilir itu jangka pendeknya. Berikutnya akan dibangun cek dam,” kata Basuki saat memantau kondisi pascabanjir di Desa Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Selasa (2/8/2022).

Pembuatan alur sungai itu mendesak dilakukan lantaran terganggunya pasokan air ke ribuan hektare area pertanian akibat banjir bandang yang terjadi 28 Juli lalu.

Karenanya Basuki menarget pengerjaan akses air ke area pertanian selesai dalam pekan ini juga. Sebanyak 5 alat berat sendiri sudah dimobilisasi ke area sungai agar pengerjaan segera dilakukan.

“Maksimal 3 hari diselesaikan,” Kata Basuki.

Melansir dari https://www.liputan6.com/regional/read/5031791/pupr-targetkan-perbaikan-alur-sungai-pascabanjir-bandang-parigi-moutong-selesai-dalam-3-hari

Melansir dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/5032120/tangani-banjir-bandang-parigi-moutong-jokowi-minta-perbaikan-dari-hulu-ke-hilir