Jangan Lupa Ke TPS Senin Besok, Coblos Cakades Jagoanmu

oleh -70 Dilihat
Jangan Lupa Ke TPS Senin Besok, Coblos Cakades Jagoanmu
FOTO : Kepala Bidang Pemerintahan Desa Parigi Moutong, Agus Salim (KS/Firman)

Parigi Moutong, kabarSAURUSonline.com –  Sebanyak 97 desa di Kabupaten Parigi Moutong akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades), pada Senin (27/6/2022) besok.

Untuk itu, berdasarkan tahapanya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) telah mendistribusikan surat suara ke desa, pada Sabtu (25/6/2022) kemarin.

Demikian kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas PMD Parigi Moutong, Agus Salim, kepada wartawan kabarSAURUSonline.com saat menyambanginya, Kamis (24/06).

Agus menambahkan, pendistribusian surat suara itu dimulai dari wilayah paling jauh dibagian utara Parigi Moutong yaitu Kecamatan Moutong.

“Pada hari ini (24/6) seluruh Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa (P2KD) sudah membagikan undangan ke masyarakat untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS), yang sudah ditentukan untuk memilih,” jelasnya.

Dinas PMD menekankan, pentingnya masyarakat menggunakan hak pilih secara demoktratis untuk menentukan pemimpin di desanya.

Harapanya, kata ia, proses tahapan pilkades Kabupaten Parigi Moutong tahun 2022 ini dapat berjalan dengan lancar sesuai peraturan yang berlaku.

Pihaknya juga menekankan, agar P2KD bersikap netral dan memastikan proses Pilkades berjalan sesuai dengan prosedurnya.

 “Harapanya proses ini akan berjalan lancar sampai hari puncak pemilihan hingga dengan selasai, dan saya juga berpesan kepada seluruh P2KD yang ada di desa maupun kandidat, agar netral dan sportif dalam pilkades ini dan tidak ada lagi kecurangan yang dilakukan,” tandasnya.

Agus mengatakan, pada Pilkades ini PMD Parigi Moutong telah menerima beberapa aduan masyarakat khususnya bakal calon kepala desa.

Terkait itu kata ia, Dinas PMD sudah melakukan upaya untuk menyelesaikan persoalan aduan tersebut.

“Ada beberapa laporan pengaduan yang kami terima dari bakal cakades, Alhamdulilah sebagian sudah teratasi, dan untuk lainya sedang dalam proses penyelesaian,” tutupnya.