Upaya Penanganan Kasus Malaria Di Kecamatan Palasa

Advertisements

PARIGI MOUTONG, KabarSAURUSonline.com Dinas  kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parigi Moutong, fokuskan penanganan penyakit malaria di Kecamatan Palasa sebagai penyumbang kasus terbanyak.

Berdasarkan data Dinkes, pada tahun 2019 dari 23 Kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong, terdapat 76 kasus terbanyak di Kecamatan Palasa.

Bacaan Lainnya

Maka pada tahun 2021, Pemerintah Daerah melalui Dinkes Parigi Moutong melakukan upaya pencegahan dan penanganan penyakit malaria di Kecamatan Palasa.

“Kami memfokuskan penanganan kasus malaria di sekitar Puskesmas Palasa,” tutur Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular pada Dinkes, Fauziah Al Haddad.

Fauziah Al Haddad mengatakan kepada Redaksi KabarSAURUSonline.com, Senin (27/09), di Palasa masih ada indigenos sehingga perlu melakukan pemetaan reseptif wilayah.

Hal itu untuk melihat apakah masih ada nyamuk penular penyakit malaria yang aktif di wilayah Desa Ulatan dan Palasa Lambori.

Selanjutnya, pada tahapan eliminasi harus menuntaskan angka kesakitan per 1000 berisiko dalam setahun dengan angka kasus kematian di bawah 5%.

Sehingga sedikit demi sedikit mengurangi angka kasus indigenos di Kecamatan Palasa yang umumnya banyak teridentifikasi dari desa-desa terpencil di sekitarnya.

“Setelah kita temukan kasus malaria, maka langsung dilakukan pengobatan dengan cara pengamatan dan minum obat selama dua minggu,” ujar Fauziah.

Tenaga kesehatan melakukan pemantauan terhadap pasien malaria selama dua minggu, memastikan pasien minum obat secara rutin supaya proses penyembuhannya cepat.

“Sejauh ini kami sudah bagikan kelambu, penemuan secara aktif, pengendalian vektor dan pengawasan minum obat kepada pasien malaria,” jelas Fauziah.

Anggaran yang membiayai kegiatan pencegahan dan penanganan penyakit malaria tersebut, bersumber dari dana alokasi khusus pemerintah pusat senilai Rp50 juta.

Diketahui malaria adalah penyakit yang disebabkan Plasmodium melalui gigitan nyamuk Anopheles betina. Tingkat keparahan malaria bervariasi berdasarkan spesies Plasmodium.

Advertisements
banner 970x250

Pos terkait

banner 970x90