Pemberdayaan Petani, Diharap Tingkatkan Ekonomi Warga Jononunu

Bashar Badja Kades Jononunu
Bashar Badja, Kades Jononunu Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong. Saat disambangi Redaksi KabarSAURUS (Sumber Design Foto : Redaksi KabarSAURUS)
Advertisements

Parigi Moutong, KabarSAURUSonline.com Pemberdayaan petani, menjadi salah satu program Pemerintah Desa (Pemdes) Jononunu, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong dalam upaya meningkatkan ekonomi warganya.

“Untuk neningkatkan perekonomian desa, kami lebih cenderung pada program pemberdayaan dengan melihat potensi desa yang kami punya,” tutur Kepala Desa Jononunu, Bashar Badja, kepada RedaksiSAURUS, Selasa (13/09).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, diharapkan dengan adanya program pemberdayaan bagi para petani Desa Jononunu tersebut, pendapatan keluarga dapat sedikit membantu perekonomian warga.

Khususnya kata Bashar Badja, untuk memenuhi kebutuhan dasar rumah tangga warganya.

Ia menjelaskan, dipilihnya program pemberdayaan terhadap petani, setelah mengamati aktivitas warga yang sebagian besar pekerjaanya adalah petani kebun.

“Alhamdulillah sejumlah lahan tidur di Jononunu boleh dicek, telah dibuka oleh masyarakat,” ucapnya.

Hal itu membuat ia menilai, jika program pemberdayaan petani ini mendapat respon positif dari warganya.

Terbukti, masih tutur Bashar Badja, dengan antusiasnya sejumlah kelompok warga yang nota bene adalah petani, untuk membuka lahan yang tidur, agar jadi produktif.   

“Meskipun, bantuan untuk kelompok tani baru dianggarkan untuk realisasi anggaran tahun 2022. Kami punya komitmen untuk serius dibidang pertanian ini, karena ini potensi besar. Sehingga, kami pemerintah desa, meminta dukungan petani untuk menjalankan peranya dengan maksimal,” tuturnya.

Guna mendukung program itu, Pemdes Jononunu juga tengah melakukan pembinaan kepada kelompok pemuda, untuk kegiatan pembibitan mangga harum manis.

“Dengan begitu, semua masyarakat merasa terlibat dalam pembangunan desa. Pemuda desa adalah satu kekuatan besar untuk kami dalam mendorong kemajuan desa ini. Maka pemberdayaan pemuda, juga jadi prioritas,” terangnya.

Bashar menambahkan, semua kegiatan yang menghasilkan pendapatan desa, nantinya akan dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

“Agar, desa bisa mendapatkan manfaat sepenuhnya dari Dana Desa (DD) yang sudah diberikan pemerintah pusat,” tandasnya.

Advertisements
banner 970x90

Pos terkait