Vaksinasi, Nakes PKM Sumbersari Sasar 100 Jiwa Tiap Hari

  • Whatsapp
Gede Budiaso Kepala Puskesmas Sumbersari, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong Sumbersari, Ke
Gede Budiaso Kepala Puskesmas Sumbersari, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong. Sumber Desaign Foto : Redaksi KabarSAURUS)
Advertisements

Parigi Moutong, kabarSAURUSonline.comPara Nakes petugas Vaksinator Vaksin Modera tahap Dua wilayah kerja Pusat Kegiatan Masyarakat (PKM) Sumbersari, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong. Sedikitnya mampu menyasar hingga sebanyak 100 warga per hari.

“Peyuntikan vaksin sudah dilakukan sejak kemarin, oleh sebanyak 10 orang Tenaga Kesehatan (Nakes) dari PKM Sumbersari Kecamatan Parigi Selatan, yang telah kami SK-kan. Jadi, yang suntik bukan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan,” ungkap Kepala Puskesmas (Kapus) Sumbersari, Gede Budiaso. Saat media ini menyambangi ruang kerjanya, Kamis (26/8).

Bacaan Lainnya

Saat itu, Gede Budiasa mengaku, kegiatan vaksinasi terhadap masyarakat dengan jenis vaksin Moderna tersebut, telah dimulai sejak sehari sebelumnya.

Dalam kegiatan vaksinasi PKM Sumbersari sebelumnya tersebut, kata Gede Budiaso,  sasaran warga penerima vaksin, mencapai 100 orang per hari.  

“Sebagai Puskesmas yang melayani sepuluh wilayah kerja. Setiap harinya kami melakukan vaksinasi ke hampir 100 masyarakat yang berasal dari beberapa desa wilayah Pemerintah Kecamaan Parigi Selatan,” ungkapnya.

Diantaranya, lanjut Gede Budiasa, Desa Tindaki, Desa Nambaru, Desa Sumbersari, Desa Dolago dan Dolago Padang.

Kemudian, tambah Gede Budiaso, Desa Boyontongo, Desa Lemusa, Desa Gangga dan Desa Olobaru.

Ia mengatakan, pada vaksinasi vaksin Modera tahap Dua tersebut, PKM Sumbersari menerima sebanyak kurang lebih 500 dosis, dan akan digunakan untuk masyarakat umum.

“Jadi, sesuai juknis. Vaksin Moderna ini, hanya digunakan untuk masyarakat umum. Sedangkan untuk lansia dan remaja, itu masih menggunakan vaksin Sinovac,” jelasnya.

Ia menegaskan, satu vial vaksin jenis Moderna dapat digunakan untuk 15 orang. Hal tersebut menurutnya, berbeda dengan Sinovac yang bisa digunakan 10 orang per vial.

Selain itu, Gede Budiaso seakan memeberi sinyal upaya pengklaiman yang menerangkan jika efektivitas vaksin Moderna yang lebih tinggi dibanding sinovac. “Efektivitas vaksin Moderna ini di atas 90%. Lebih tinggi dibandingkan vaksin Sinovac,” pungkasnya.

Advertisements
banner 970x90

Pos terkait