Kesbangpol Sosialisasi Pemendagri 78/2020 ke DPC-PBB Parigi Moutong

oleh -771 views
Sosialisasi Permendagri 78/2020 oleh Kaban Kesbangpol di Sekretariat DPC-PBB Parigi Moutong
Kaban Kesbagpol Sosialisasikan Permendagri 78 tahun 2020 ke DPC-PBB di Sekretariat DPC PBB Parigi Moutong. (Sumber Design foto : Redaksi KabarSAURUS)
Advertisements

Parigi Moutong, kabarSAURUSonline.com Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Parigi Moutong, menggelar sosialisasi tentang Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 78 tahun 2020 kepada DPC-PBB Parigi Moutong belum lama ini.

Perubahan Permendagri Nomor 36 tahun 2018 menjadi Permendagri 78 tahun 2020 semakin genjar dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Untuk Kabupaten Parigi Moutong, sosialisasi tersebut melalui Kesbangpol yang merupakan stakeholder terkait politik dan ketahanan serta keamanan daerah.

Selain dalam rangka mensosialisasikan Permendagri tersebut, salah satu agenda Kaban Kesbangpol Parigi Moutong, Moh. Sakti Lasimpala, di sekretariat DPC-PBB Parigi Moutong, juga sebagai ajang silaturahmi.

Untuk diketahui, inti sari dalam Permendagri nomor 78 tahun 2020, berisikan perubahan atas Permendagri 36 tahun 2018 tentang tentang Tata Cara Penghitungan, Penganggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Selain itu, tertib Administrasi, pengajuan, penyaluran, serta Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik (Parpol).

Sakti mengatakan, berdasarkan Permendagri Nomor 78 Tahun Tahun. Dalam rangkaian peningkatan ketertiban administrasi tata cara pengelolaan bantuan keuangan Parpol.

Pemerintah mengharuskan seluruh anggota Parpol yang memiliki kursi Legislatif, untuk berperan aktif dalam penanggulangan pencegahan Covid-19.

“Sebagaimana amanat Permendagri Nomor 78 itu, yang menjadi konsep adalah pelibatan anggota partai politik untuk mendorong program-program pemerintah terhadap isu hangat yang sekarang. Seperti pencegahan penyebaran Covid-19,” ujar Sakti Lasimpala dalam kegiatan itu, Rabu pekan kemarin (02/06 Red).

Ia menyampaikan, berdasarkan Permendagri itu, peran parpol tidak semata untuk melibatkan diri membantu pemerintah melakukan pencegahan penyebaran Covid-19.

Tetapi juga kata Sakti, elemen-elemen dalam Parpol juga ditekankan untuk ikut bersama-sama mendorong masyarakat agar taat dan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes).

“Disitu juga berupaya agar Covid-19 tidak menyebar secara bebas. Jadi, dalam Permendagri Nomor 78 tahun 2020 itu, banyak yang diamanahkan. Tetapi yang menjadi sentral nya itu adalah, bagaimana cara anggota parpol membantu pemerintah terkait isu pencegahan Covid-19 ini,” tuturnya.

Daerah, Lanjut Sakti. Kan, telah memiliki tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19. Jadi upaya dari pihak Kesbangpol selaku pembina lembaga politik daerah, akan terus melakukan pengawasan terkait isu sentral Covid-19 tersebut.

Selain Anggota DPC-PBB Parigi Moutong, Anleg DPRD Juga Hadir Dalam Sosialisasi Permendagri Tahun 2020 oleh Kesbangpol.

Ia menyebutkan, harapannya agar segenap Dewan Pengurus Cabang Partai Bulan Bintang (DPC-PBB) Parigi Moutong bisa membangun kolaborasi dan sinergitas dengan pemerintah daerah (Pemda) dalam mengatasi Pandemi Covid-19.

Sehingga, tambah Sakti Lasimpala, Parpol tidak hanya bergerak dalam ruang kerja partai semata.

“Harapan saya bahwa nanti itu akan bersinergi, sehingga Parpol tidak hanya bergerak dalam ruang kerja partai semata. Tetapi juga bisa berkolaborasi dengan pemerintah dalam melakukan pencapaian terhadap daerah,” tandas Sakti.

Dalam silahturahmi Kesbangpol Parigi Moutong ke sekretariat DPC-PBB Parigi Moutong tersebut, Selain sejumlah anggota pengurus DPC-PBB Parigi Moutong hadir, Wawan yang merupakan salah seorang Anggota Legislatif (Anleg) DPRD Kabupaten Parigi Moutong Periode 2019-2024, ikut hadir.

Kehadiran Wawan, yang kini juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Bintang Indonesia DPRD Parigi Moutong dalam kegiatan tersebut, selaku salah seorang pengurus DPC-PBB Parigi Moutong.

Advertisements