Pemdes Jononunu Salurkan BLT Kepada 45 KK Tahap Pertama

oleh -362 Dilihat
oleh
Pemdes Jononunu Salurkan BLT Kepada 45 KK Tahap Pertama
Sekretaris Desa Jononunu, Noval didampingi Ketua BPD, Sadam, Babinkamtibmas dan Babinsa saat menyerahkan BLT desa kepada janda penerima bantuan. Sumber foto : Istimewa

Parigi Moutong, KabarSAURUSonline.com – Upaya pemerintah dalam menopang perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 ialah penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Selasa (12/05), Pemerintah Desa (Pemdes) Jononunu Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah menyalurkan BLT kepada 45 KK penerima manfaat.

Bantuan yang dikucurkan bersumber dari pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2020, dengan kategori yang sudah diatur dalam aturan penyaluran bantuan.

Adapun sasarannya diperuntukan kepada masyarakat miskin yang sama sekali belum pernah menerima bantuan, baik bantuan Pemerintah Pusat maupun Daerah,

“Mekanisme sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (Kemendes PDTT),” ungkapnya Sekdes Jononunu Noval kepada media ini.

Mengacu pada hal itu, Noval menerangkan pihaknya mengucurkan anggaran sekitar Rp180 juta yang dialokasikan melalui DD tahun 2020 sebesar 25 persen.

Dia menyebutkan dalam penyaluran anggaran BLT desa dibagi menjadi beberapa tahap. Namun dirinya belum merincikan berapa jumlah tahapan dimaksud.

Pasalnya, untuk tahap berikutnya Pemdes masih akan  berkoordinasi dengan pihak Badan Pemusyarawatan Desa (BPD) untuk menentukan mekanisme penyaluran bantuan.

”Kalau pembagian tahapannya kami belum tentukan akan dibagi menjadi berapa kali,” kata Noval.

Dia membeberkan, untuk tahap pertama telah disalurkan sekitar Rp270 juta dari pembagian anggaran total dana DD yang dialokasikan.   

Penyaluran ditahap pertama itu, terhitung bulan April dengan besaran anggaran yang diterima masyarakat yakni Rp 600 ribu.

“Pastinya, Pencairan akan datang kami belum bisa pastikan berapa jumlah dana bantuan. Apakah diberikan langsung sekaligus dua bulan  atau masih seperti tahap satu ini,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.