Bantuan Covid-19 Dari APBD Parigi Moutong Belum Tersosialisasikan ?

oleh -399 Dilihat
Bantuan Covid-19 Dari APBD Parigi Moutong Belum Tersosialisasikan ?
Kepala Desa Purwosari, I Putu Kembar Eka Budianto saat menerangkan terkait bantuan covid-19 di desanya. Sumber foto : Bashar Badja

Parigi Moutong, KabarSAURUSonline.com – Dengan adanya sumber-sumber bantuan Pandemi Covid-19 kepada masyarakat termasuk dari APBD Parigi Moutong Sulawesi Tengah, belum tersosialisasikan kedesa.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Purwosari Kecamatan Torue, I Putu Kembar Eka Budianto kepada media ini, Rabu (13/5).

Menurut Eka, sumber anggaran dari Pemerintah Daerah (Pemda) yang katanya disediakan, sama sekali belum menyentuh desa hingga saat ini.

“Sumber ini yang masih membingungkan kami, dalam bentuk apa sebenarnya bantuan Covid-19 ini,” ujar Eka.

Sementara lanjutnya, yang selama ini diketahuinya adalah bantuan dari APBN melalui Kementerian Sosial (Kemensos) maupun Kantor Pos, dengan kriteria diatur dalam Permensos.

Disebutkannya, untuk data-data penerima bantuan Covid-19 dari Kemensos sudah disampaikan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) untuk dilakukan verifikasi.

“Verifikasi dilakukan agar tidak tumpang tindih. Dipisahkan yang sudah menerima bantuan PKH, BNPT dan Kartu Prakerja, selanjutnya dilaporkan melalui data nonDPKS kemarin,” urainya.

Adapun data penerima bantuan BLT Kemensos sebanyak 180 KK sebelum dilakukan verifikasi. Sedangkan, BLT desa 154 KK dengan anggaran 25 persen dana desa sebesar Rp280 juta.

Dikhawatirkannya, setelah BLT desa dicairkan terlebih dahulu kepada penerima menyusul Kemensos, pasti pemerintah desa yang akan kena ‘bantunya’.

“Pada intinya kami menunggu kapan pencairan anggaran itu. Begitupun DD, kami masih menunggu pencairan yang saat ini masih dalam proses,” imbuhnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.