Pilkada Sulteng, KPUD Touna Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas PPK

  • Whatsapp
Pilkada Sulteng, KPUD Touna Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas PPK
Bimtek Peningkatan Kapasitas KPUD Touna, disalah satu hotel. Sumber Foto : KabarSAURUSonline.com
banner 468x60

Kabupaten Tojo Una-una- Jelang pilkada serentak Sulteng, KPUD Touna menggelar bimbingan teknis peningkatan kapasitas penyelenggaran pemilihan.

Penyelesaian terhadap potensi sengketa pelanggaran, sengketa pemilihan dan inventarisasi permasalahan hukum. Serta, penanganan kode etik penyelenggara pada Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) nanti, jadi topic utama dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kanupaten Tojo Una-una (Touna), Dirwansyah Putra, dalam kegiatan yang dijadwalkan berakhir hari ini Kamis (13/8).

Dia mengatakan, PPK dan PPS serta KPPS bisa memahami persoalan kinerja. Tetapi ada gagasan dimana perilaku penyelenggara pemilu tetap dijaga dan harus independen, berintegritas, netralitas.

“Mereka harus tahu tentang pentingnya menjaga kode etik penyelenggara sebagai marwah dalam pelaksanaan tahapan Pilkada 2020. Dan juga untuk meminimalisir potensi pelanggaran Pilkada 2020 di tingkat penyelenggara Adhock,” ujarnya, Selasa (11/8 red).

Rencananya kata dia, pada 23 September 2020 merupakan tahapan penetapan calon yang akan berkontestasi. Sehingga, para penyelenggara diharap bisa tetap menjaga integritas.

Hal itu lanjut dia, menjadi salah satu alasan diselenggarakannya bimtek terhadap peningkatan kapasitas terhadap penanganan pelanggaran ini.

“Untuk menjaga integritas penyelenggara badan adhock khususnya PPK dalam mengawal seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020,” terangnya.

Menurut dia, Kode etik penyelenggara pemilu adalah suatu kesatuan asas moral, etika dan filosofi yang menjadi pedoman perilaku bagi penyelenggara pemilu.

Hal tersebut berupa kewajiban atau larangan, terhadap tindakan atau ucapan yang patut dan tidak patut dilakukan oleh penyelenggara pemilu.

“Harapan yang terbesar tentunya dengan selesainya bimtek kode etik ini akan menambah pemahaman dan pengetahuan teman-teman PPK dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan untuk mensukseskan pilkada,” tutupnya.

Pantauan KabarSAURUSonline.com, kegiatan yang dilaksanakan KPUD Touna tersebut, diikuti seluruh PPK Kabupaten Touna menjadi peserta dalam Bimtek yang di salah satu hotel di Kabupaten Touna.

Laporan : Cr1

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar