BPKP Gelar Workshop Pengelolaan Dan Pembangunan Desa

BPKP Gelar Workshop Pengelolaan Keuangan Dan Pembangunan Desa
Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan Dan Pembangunan Desa Kabupaten Parigi Moutong. Sumber Design Foto : Redaksi kabarSAURUSonline.com).
banner 300600

KABUPATEN PARIGI MOUTONG,kabarSAURUSonline.com – Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan Dan Pembangunan Desa di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, Kamis (05/09/2024).

Workshop tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas aparat Pemerintah Daerah (Pemda) maupun desa terkait pengelolaan keuangan desa, mendorong penguatan penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik, transparan dan akuntabel serta mendorong transformasi ekonomi desa yang berkelanjutan melalui pemberdayaan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Inspektur Inspektorat Kabupaten Parigi Moutong, Muh Sakti Lasimpala mengatakan, melalui kegiatan workshop ini, aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) Kabupaten Parigi Moutong,memiliki kecakapan, integritas, kapasitas dan kapabilitas dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan, dengan tetap memperhatikan rasa keadilan, kepatuhan, manfaat untuk masyarakat.

“Salah satu tujuan yang kita harapkan dari kegiatan ini, bagaimana teman-teman Kepala Desa memahami perencanaan program di Desa yang tentunya merujuk pada regulasi,” terangnya.

Kata ia, dalam hal ini Pemdes harus bisa dan dapat merencanakan program yang perlu disesuaikan dengan jumlah anggaran serta sampai pada proses pertanggungjawaban anggarannya.

Lanjutnya, proses perencanaan program dan pembangunan yang dilaksanakan Pemdes, harus sesuai dengan kebutuhan serta memiliki asas manfaat bagi masyarakat.

“Hal ini juga merupakan bagian dari wujud akuntabilitas penyelenggaraan pembangunan  dan pengelolaan anggaran yang ada di Desa,” ucapnya.

Menindaklanjuti hal itu, Inspektorat Daerah Kabupaten Parigi Moutong akan memaksimalkan proses-proses pengawasan kepada Pemdes terkait dengan perencanaan dan pelaksanaan program.

“Kita juga akan melakukan pengawasan sampai pada evaluasi akhirnya, untuk memastikan apakah perencanaan itu bermanfaat bagi masyarakat atau tidak, karena sejatinya, Dana Desa itu diperuntukkan untuk kemaslahatan masyarakat,”pungkasnya.

BACA JUGA : https://kabarsaurusonline.com/2022/02/07/inspektorat-parigi-moutong-optimalkan-pengawasan-dan-pembinaan/

KUNJUNGI JUGA : https://www.bpkp.go.id/id


Eksplorasi konten lain dari kabarSAURUSonline.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

banner 970x250