Percepatan Penurunan Kemiskinan Jadi Prioritas Pemkab Bangkep

oleh -103 Dilihat
Percepatan Penurunan Kemiskinan Jadi Prioritas Pemkab Bangkep
FOTO : ISTIMEWA (antaranews.com )

BANGKEP, kabarSAURUSonline.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai Kepulauan (Bangkep) Provinsi Sulawesi Tengah, telah menyusun program prioritas pembangunan tahun 2022.

“Pengentasan atau percepatan penurunan kemiskinan daerah menjadi prioritas utama Pemkab Bangkep,” kata Bupati Bangkep, Ihsan Basir, saat dihubungi dari Palu, Senin (19/09), melansir antaranews.com.

Dikatakan, program-program tersebut meliputi penyediaan air bersih bagi masyarakat dan penataan ibu kota, penurunan stunting, dan peningkatan kualitas pendidikan.

Selain itu, peningkatan produksi dan produktivitas peternakan dan perikanan, penyediaan dan pengembangan infrastruktur destinasi kepariwisataan berbasis kawasan, penyediaan rumah layak huni, santunan kematian, dan tunjangan hari tua bagi masyarakat miskin.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pemkab Bangkep, tahun 2021 sebanyak 16.330 keluarga atau 13,72 persen tercatat sebagai warga miskin.

Perekonomian Kabupaten Bangkep dalam kurun waktu empat tahun terakhir, antara tahun 2018-2021, berdasarkan data pemerintah setempat mengalami penurunan. 

Yakni tahun 2018 berada 4,11 persen turun menjadi 4,02 persen pada 2019, kemudian turun lagi menjadi -2,98 persen tahun 2020, dan naik menjadi 5,07 pada tahun 2021.

“Pandemi COVID-19 menjadi faktor utama penyebab yang memberikan dampak langsung terhadap penurunan ekonomi daerah,” kata Ihsan.

Kondisi itu kata ia, berdampak langsung pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bangkep yang berada pada angka 65,61, berada di bawah IPM Provinsi Sulawesi Tengah dengan angka 69,79.

“IPM menjadi perhatian kita bersama, karena menjadi salah satu indikator ukuran pembangunan daerah,” ujarnya.

Maka itu, Pemkab Bangkep akan mengoptimalkan program percepatan penurunan kemiskinan daerah melalui strategi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dan peningkatan ekonomi.

Melansir dari https://sulteng.antaranews.com/berita/254925/pemkab-banggai-kepulauan-optimalkan-percepatan-penurunan-kemiskinan