Pemkab Sigi Beri kebutuhan Kesehatan dan Pangan Untuk Lansia

oleh -66 Dilihat
Pemkab Sigi Beri kebutuhan Kesehatan dan Pangan Untuk Lansia
FOTO : ISTIMEWA (antaranews.com)

Sigi, kabarSAURUSonline.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah, mengupayakan pemenuhan kebutuhan bagi 3.291 orang lanjut usia (lansia).

Demikian kata Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Yansen Pongi, didampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Sigi Ariyanto, saat memberikan bantuan perlengkapan tidur bagi lansia di Desa Sibonu, Sigi, Rabu (27/07), melansir antaranews.com.

“Jumlah itu diambil dari Dinsos Kabupaten Sigi yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta tersebar di 16 kecamatan dan 17 desa,” ujarnya.

Wabup Sigi Samuel Pongi mengatakan, ini bentuk prioritas pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan di daerah.

“Pemerintah tetap berusaha memperhatikan kaum lansia, baik dari sisi kesehatan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari,” kata Samuel.

Sebelumnya, Samuel bersama Kepala Dinsos Ariyanto, telah mengunjungi salah satu lansia di Desa Sibonu, sekaligus menyerahkan bantuan berupa perlengkapan tidur.

Samuel juga meminta, Dinsos dan aparat desa setempat agar rutin melakukan pemantauan dan pemberdayaan masyarakat lansia di wilayah desa masing-masing.

Samuel mengajak masyarakat, aparat desa dan dinas terkait untuk bekerja sama dalam penanganan lansia, dalam pemenuhan kebutuhan baik dari aspek kesehatan dan pangan.

Masih dari sumber yang sama, terkait hal itu, Ariyanto mengatakan, dalam hal penanganan lansia pihaknya memberikan bantuan paket pangan dalam bentuk sembako dan bantuan pemenuhan gizi untuk pemenuhan kebutuhan pangan lansia.

“Bantuan ini dilakukan secara berkelanjutan,” kata Ariyanto.

Selain itu, Dinsos Sigi juga memberikan bantuan sarana kamar, alat bantu, dan usaha ekonomi produktif bagi kaum lansia di Sigi sebagai bentuk pemberdayaan.

“Kami juga melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis khusus lansia, tahun ini rencananya kami bekerja sama Dinas Sosial Provinsi Sulteng untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gratis dan sosialisasi,” ungkapnya.

Melansir dari https://sulteng.antaranews.com/berita/252737/pemkab-sigi-upayakan-pemenuhan-kebutuhan-3291-lansia