Pilkades Desa Matolele, Tefan Tumbangkan Dua Cakades Lainnya

oleh -83 Dilihat
Pilkades Desa Matolele, Tefan Tumbangkan Dua Cakades Lainnya
Proses pemungutan suara Pilkades Desa Matolele, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong. (Sumber Foto : Redaksi kabarSAURUSonline.com)

Kabupaten Parigi Moutong, KabarSAURUSonline.com- Pelaksanaan Pilkades Desa Matolele, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Tefan,  Calon Kepala Desa (Cakades) nomor urut Tiga memperoleh suara terbanyak, menumbangkan dua calon lainnya.

Berdasarkan hasil akhir perhitungan suara pada Pilkades Desa Matolele pada Senin (27/06). Tefan yang merupakan Cakades nomor urut Tiga, hampir dipastikan menjadi Kepala Desa (Kades) Matolele.

Mengantongi dukungan suara terbanyak dari warga Desa Matolele, jumlah tersebut seakan mengantarkan Tefan melenggang kangkung menuju kursi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) APBDes, selama kurang lebih Enam tahun kedepan.

Berdasarkan pantauan lapangan dari tabel hasil akhir perhitungan suara Pilkades Desa Matolele yang berhasil dihimpun media ini, dari total 488 suara pemilih pada desa tersebut,  Rusman yang merupakan Cakades nomor urut Satu, memperoleh suara sebanyak 217 suara.

Kemudian, Fitri, Cakades nomor urut Dua memmperoleh 33 suara, sedangkan Tefan, Cakades nomor urut Tiga memperoleh suara sebanyak 237. Sementara itu, dalam proses pemungutan suara pihak Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Matolele, menetapkan Satu suara yang dianggap tidak sah.         

“Setelah melalui serangkaian proses, akhirnya pada hari ini pemilihan kepala desa periode 2022-2028, yang mendapatkan suara terbanyak nomor urut Tiga, yaitu sebanyak 237 suara,” tutur Ketua P2KD Desa Matolele, Andi Baru, kepada wartawan medai ini.

Ia menambahkan, pihaknya akan menyampaikan hasil pemungutan suara hingga pengumuman kepada P2KD Kecamatan dalam bentuk berita acara, untuk diteruskan kepihak P2KD Kabupaten.   

“Setelah ini akan ada tahapan berikutnya, yang pertama tadi ada tanda tangan berita acara dengan calon kepala desa yang terpilih, kemudian kami serahkan pada P2KD kecamatan, dan selanjutnya P2KD kecamatan menyerahkan ke P2KD Kabupaten,” tutupnya.

Untuk diketahui, sebanyak 97 desa yang tersebar pada 23 kecamatan melaksanakan pesta demokrasi ditingkat desa tersebut.

Sedangkan, keterlibatan perempuan dalam kontestasi politik di desa kali ini mencapai 20 orang, dari total 357 Cakades pada Pilkades serentak Kabupaten Parigi Moutong.

BACA JUGA : https://kabarsaurusonline.com/2022/04/28/pilkades-serentak-2022-memasuki-tahap-penetapan-dps/