PMI Parigi Moutong Belum Punya UTD

Drs. Hj. Noor Wachida
Advertisements

Parigi Moutong, kabarSAURUSonline.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi tengah, belum mimiliki fasilitas Unit Transfungsi Darah (UTD).

Padahal PMI pada beberapa daerah lain, menyediakan UTD yang berfungsi sebagai penyelenggara donor darah, penyediaan stok darah, dan pendistribusian darah.

Bacaan Lainnya

Terkait itu, Drs. Hj. Noor Wachida selaku ketua PMI mengatakan, PMI Parigi Moutong  belum memiliki fasilitas UTD karena keterbatasan anggaran.

Sebab untuk menyediakan UTD membutuhkan biaya yang besar karena harus ada  seperangkat fasilitas penunjang  alat laboratorium, dokter dan tenaga ahlinya.

Sehingga jika PMI menggelar kegiatan donor darah, hasilnya akan diserahkan pada UTD yang ada di RSUD Anutaloko Parigi untuk disimpan.

“Karena kita belum punya UTD sendiri, karena alatnya sangat mahal, kita hanya melaksanakan (donor darah – red),” ujarnya, Jum’at (17/9) lalu.    

Kata ia, PMI Parigi Moutong gencar melakukan donor darah untuk aksi kemanusiaan sebab permintaan darah selalu saja ada setiap saat.

Menurutnya, dengan rutin menggelar aksi kegiatan donor darah, PMI bisa menekan pergerakan oknum yang diduga ‘menjual’ darah pada keluarga pasien.

“Sebetulnya darah bukan untuk diperjualbelikan, walaupun memang donor darah memerlukan biaya apalagi kantongnya itu harganya sampai tiga ratusan lebih,” bebernya.

Selain itu lanjutnya, meskipun aksi donor darah sukarela terus dilakukan, tidak menjamin stok darah pada UTD RSUD Anutaloko selalu tersedia.

Sebab harus melewati proses pemeriksaan yang teliti sebagai syarat mutlak, sebelum darah tersebut diberikan untuk pasien yang membutuhkan transfusi darah.

“Nanti darah melewati proses pemeriksaan Laboratorium lagi, sehinga belum tentu satu kantong darah hasil donor sukarela itu bisa terpakai,” jelasnya.

Diketahui, donor darah dan vaksinasi COVID-19 merupakan rangkaian memperingati HUT ke- 76 PMI yang mengusung tema ‘Bergerak Bersama Untuk Sesama’.

Pantauan media ini, kegiatan donor darah dan vaksinasi COVID-19 mendapat dukungan masyarakat, itu telihat dari antusiasnya warga yang ikut berpartisipasi.

Kegiatan aksi donor darah sukarela dan vaksinasi COVID-19 digelar sehari, di Markas PMI Parigi Moutong yang belum lama ini diresmikan. 

Advertisements
banner 970x90

Pos terkait