Bantuan Bencana Tahap II Parigi Moutong Nyaris Tuntas

Bantuan Bencana Tahap II Parigi Moutong Nyaris Tuntas
sumber foto : Istimewa
Advertisements

Parigi Moutong, kabarSAURUSonline.com – Bantuan anggaran stimulan tahap II bencana 28 September 2018 untuk Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah nyaris tuntas.

Gelondongan dana siap pakai dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong. Bertujuan merehabilitasi dan merekontruksi rumah warga yang rusak akibat gempa Palu dengan magnitudo 7,4 yang terjadi pada 28 September 2018.

Bacaan Lainnya

Demikian ungkapan Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Dan Rekontruksi BPBD Kabupaten Parigi Moutong, Tri Nugraha kepada media ini, Selasa (22/9). Rio sapaan akarabnya mengatakan, sasaran kegiatan untuk dana bantuan bencana kali ini masih sama seperti tahap I yakni menangani sektor perumahan.

“Pada tahap II sekarang BPBD masih menangani kerusakan perumahan rakyat. Dana yang kami tangani sebesar Rp.63 milyar, ” ungkap Tri Nugraha.

Rio menuturkan, begitupun dalam pengalokasian anggaran perumahan masih terfokus pada tingkatan kerusakan sedang dan ringan.

Untuk jumlah penanganan tahap II ini sebutnya, sebanyak 918 KK yang terdampak gempa dengan kategori sedangkan mendapatkan kucuran  Rp 25 Juta perunit. Sedangkan rusak ringan berjumlah 4.094 KK mendapat kucuran dana sebesar Rp.10 juta perunit.

Pada proses pekerjaan hingga saat ini lanjutnya, tahapan pembangunan perumah pada setiap tingkat kerusakan, pihaknya berikan jangka waktu penyelesaian pembangunan.

“Bagi rumah yang tingkat kerusakan sedang jangka waktu selama 60 hari. Sementara untuk rumah dengan kerusakan ringan jangka waktunya selama 45 hari,” ujarnya.

Rio menambahkan, dari target jangka waktu itu, pihaknya memberikan tambahan waktu selama 15 hari. Tujuannya untuk melengkapi laporan pertanggung jawabannya atas dana rehabilitas bagi perumahan warga tersebut.

Dijelaskan, Dari target 5.012 unit rumah yang ditangani, saat ini sebanyak 4.689 unit rumah sudah dalam tahap pembangunan.

“Ya, kurang lebih sekitar 389 unit yang masih dalam tahap pencairan. Olehnya saya berharap kepada masyarakat untuk menggunakan dana ini sesuai dengan peruntukkannya,” pintanya.

Advertisements
banner 970x90

Pos terkait