50 Calon Relawan Demokrasi KPUD Touna Jalani Test Wawancara

  • Whatsapp
50 Calon Relawan Demokrasi KPUD Touna Jalani Test Wawancara
Proses seleksi Relawan Demokrasi KPUD Touna. (Touna, Selasa, 11 Agustus 2020). Sumber Foto : KabarSAURUSonline.com
banner 468x60

Kabupaten Touna Sebanyak 50 peserta calon Relawan Demokrasi KPUD Touna, jalani test wawancara, Selasa (11/8).

Kepada KabarSAURUSonline.com, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Kabupaten Tojo Una – una (Touna). Dirwansyah Putra mengungkapkan, puluhan peserta ini, adalah mereka telah dinyatakan lulus pada seleksi administrasi yang diselenggarakan sebelumnya.

Tahapan seleksi ini kata dia, merupakan salah satu bagian paling penting dari sejumlah tahapan pelaksanaan seleksi peserta calon relawan demokrasi KPUD Touna.

Pasalnya lanjut dia, tahapan ini dapat dijadikan sebagai tolok ukur atas penilaian potensi, kinerja serta kepribadian atau integritas dari calon peserta.

Selain itu tuturnya, seleksi ini sebagai upaya penyaringan peserta calon relawan demokrasi KPUD Touna, yang nota bene hanya membutuhkan kuota sebanyak 20 orang saja.  

“Nantinya, setiap peserta yang dinyatakan telah lulus dalam seleksi tersebut, akan dimasukkan kedalam basis kelompok yang telah disipakan,” ujarnya.

Untuk diketahui, basis kelompok tersebut yaitu, Basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, dan pemilih perempuan.

Kemudian, Basis penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marginal, basis komputer, basis keagamaan serta basis warga internet.

“Basis-basis inilah, yang nantinya menjadi fokus mereka (relawan) dalam menjalankan tugas dan fungsinya dilapangan. Tentunya, terlebih dahulu kami akan memberikan pembekalan kepada mereka (relawan),” terang Dirwansyah.

Dia berharap, dengan adanya para relawan demokrasi sebagai pelopor edukasi program sosial KPU serta kampanye tentang penggunaan hak pilih.

Sementara itu, terdapat empat fungsi relawan demokrasi KPU. Sebagai mediatori yaitu mendekatkan jarak KPU yang selama ini sulit dijangkau oleh sebagian masyarakat.

Fungsi Agensi Demokrasi, yaitu sebagai tempat bertanya untuk menyebarluaskan informasi dan sebagai umpan balik ke KPU. Fungsi edukasi yaitu, penerangan kepada segmen- segmen untuk membangkitkan kesadaran pada warga tentang hak dan kewajibannya sebagai pemilih.

Fungsi Solusi, yaitu pemberi solusi segmen pemilih yang mengalami kesulitan baik pada pra maupun paska pemungutan suara.

Laporan: Cr2

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *