Sebanyak 137 PTN Ikut Program Baru SNPMB 2023

Sebanyak 137 PTN Ikut Program Baru SNPMB 2023
FOTO : ISTIMEWA (KULIYAHAN)
banner 300600

NASIONAL, kabarSAURUSonline.com – Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 Mochamad Ashari mengatakan, sebanyak 137 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bergabung dalam SNPBM.

“Dari ratusan kampus itu, 76 di antaranya berasal dari Perguruan Tinggi Akademik, 43 Perguruan Tinggi Vokasi, dan 18 dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN),” ujarnya, dalam konferensi pers SNPMB 2023, Selasa (10/1) melansir tempo.co.

Bacaan Lainnya

Ashari menjelaskan, jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yakni, 125 PTN. Namun, ada perubahan pada SNPMB 2023 saat ini.

“Salah satu yang berubah adalah terjadinya integrasi antara PTN akademik, vokasi, dan keagamaan Islam yang disesuaikan agar lebih inklusif,” ungkapnya.

Program hasil kolaborasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan seluruh PTN melalui Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) ini didukung dengan sistem yang membangun kesatuan data pendidikan di Indonesia.

Sistem tersebut bersumber pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk SMA/SMK dan Education Management Information System (EMIS) untuk Madrasah Aliyah (MA).

Tak hanya itu, portal SNPMB juga dibangun secara Single Sign On (SSO), mulai dari registrasi akun untuk sekolah maupun siswa, dilanjutkan dengan kegiatan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), pendaftaran SNBP, pendaftaran SNBT, hingga pendaftaran UTBK-SNBT.

“Kami mengingatkan sekolah dan siswa untuk mendaftarkan akunnya agar bisa mengantisipasi kegagalan mendaftar pada SNPMB 2023,” tegasnya.

Dengan adanya perubahan ini Ashari berharap, bisa menjawab kesiapan calon mahasiswa baru untuk berprogres di pendidikan tinggi.

Ashari menerangkan, pada pola seleksi SNPMB ini para calon mahasiswa baru berhak memilih dua program studi dari dua universitas berbeda ataupun satu universitas yang sama.

Selain itu, calon mahasiswa baru juga berhak untuk melakukan lintas jurusan kuliah, tetapi dengan mempertimbangkan persyaratan nilai mata pelajaran yang akan dibobot 50 persen dan sisanya dikembalikan ke PTN terkait kelinearan komponen nilai.

Sebagai informasi, seleksi SNPMB tahapan jalur SNBP akan diawali dengan registrasi akun SNPMB pada 9 Januari hingga 9 Februari 2023.

Perlu diperhatikan untuk lulusan tahun 2023, registrasi akun SNPMB secara khusus akan berakhir pada 15 Februari 2023.

Sedangkan untuk tahapan SNBT, registrasi akun SNPMB dimulai pada 14 hingga 28 Februari 2023 mendatang.

Melansir dari https://tekno.tempo.co/read/1678143/ini-hal-yang-baru-di-snpmb-2023-jumlah-ptn-hingga-integrasi-kampus


Eksplorasi konten lain dari kabarSAURUSonline.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

banner 970x250