BPKAD Parigi Moutong, Usulkan Penerbitan 90 Sertifikat Lahan Pemda

oleh -599 Dilihat
BPKAD Parigi Moutong, Usulkan Penerbitan 90 Sertifikat Lahan Pemda
Kabid Aset, BPKAD Parigi Moutong, Hatika. Sumber Foto : Redaksi kabarSAURUS

Parigi Moutong, kabarSAURUSonline.com – BPKAD Parigi Moutong, melalui Bidang Aset, mengusulkan penerbitan 90 sertifikat lahan Pemda tahun ini.

Ratusan bidang tanah, milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, belum bersertifikat.

Menyikapi hal itu, Bidang Aset pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Parigi Moutong. Tahun ini mengusulkan penerbitan sertifikat lahan Pemda, dengan target sebanyak 90 dokumen sertifikat.

Kepala Bidang (Kabid) Aset, BPKAD Parigi Moutong. Hatika, menyampaikan hal itu kepada Redaksi kabarSAURUSonline.com. Saat media ini menyambangi ruang kerjanya belum lama ini.

Ia mengatakan, pihaknya masih sementara menunggu pengusulan pembuatan sertifikat dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Parigi Moutong.

Ia menuturkan, sebagai pengguna aset lahan, OPD harus kooperatif dalam menyiapkan semua persyaratan yang dibutuh perihal pengurusan sertifikat tersebut.

Sebab kata Hatika, terkait hal ini, Bidang Aset BPKAD Parigi Moutong, hanya sebagai konsolidator.

“Kita hanya sebagai konsolidator. Penerbitan itu kan dari Badan Pertanahan Nasional,” ujarnya.

Setidaknya, kata Hatika, OPD terkait harus memastikan, bahwa semua persyaratan terkait hal itu, bisa dan telah terpenuhi.

Ia mencontohkan, surat penyerahan dari pemilik lahan sebelumnya, atau surat keterangan penyerahan hibah ke Pemda.

Bisa juga, lanjut Hatika, yang sudah pernah melakukan pembayaran sebelumnya, sehingga harus menyiapkan bukti pembayaran.

“Nanti kita akan menerima permohonan dari OPD-OPD, karena masing-masing OPD yang mencatat aset itu. Setelah mereka ajukan ke kami, maka akan kami usulkan lagi ke BPN untuk penerbitannya,” terangnya.

Ia menuturkan, pihaknya tidak dapat mengusulkan permohonan OPD jika segala persyaratan belum terpenuhi OPD selaku pengguna aset selama ini.

Sertifikasi Aset Lahan Dinkes dan Disdikbud, Jadi Fokus BPKAD Parigi Moutong Tahun Ini

Ia menyebutkan, aset lahan milik pemda yang saat ini dalam pengelolaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parigi Moutong. Bakal masuk dalam prioritas pengusulan pihak BPKAD Parigi Moutong tahun anggaran 2021.

Kemudian, ada juga sejumlah lahan aset pemda yang kini dalam pengelolaan Dinas Kesehatan (Dinkes) Parigi Moutong.

“Kita targetkan 2021 ini ada 90 penerbitan sertifikat bidang tanah. Mudah – mudahan, itu bisa tercapai,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selain surat penyerahan atau hibah OPD juga bisa melampirkan Kartu Inventaris Barang (KIB).

“Mereka juga bisa melampirkan hal apa saja yang mereka punya dari tanah itu, misanya, kemungkinan hibah dari desa. Semoga ini bisa berjalan lancar, tidak ada kendala dari BPN dan juga kita sendiri. Sehingga, target 90 sertifikat itu bisa tercapai tahun 2021 ini,” tutupnya.

Advertisements
Advertisements

No More Posts Available.

No more pages to load.